Sukses Menjalani Kehamilan

Sukses Menjalani Kehamilan



            Kehamilan adalah fase yang kadang dinantikan oleh pasangan yang baru saja menikah. Keinginan untuk segera memiliki anak dan keturunan membuat banyak pasangan pengantin baru segera membuat program kehamilan. Setelah kehamilan didapat oleh sang istri, ternyata tidak mudah untuk menjalaninya selama kurang lebih sembilan bulan sampai bayi dalam kandungan lahir. Di sinilah awal kita belajar menjadi ibu dengan sistem pendidikan semi learning by doing.
            Dalam menjalani kehamilan, terutama pada masa tri semester pertama (1-3 bulan), ibu hamil akan mengalami perubahan terutama pada psikisnya. Emosi yang cenderung labil. Mudah marah dan mudah tersinggung akan menjadikan satu masalah sendiri bagi suami. Hal ini memang wajar karena pengaruh hormonal. Namun, sewajar apapun harus bisa dikontrol agar anda bisa menjalani kehamilan dengan perasaan yang senang.

Baca Juga Persiapan Menjadi Istri Idaman Keluarga
            Pertama, banyak berdiskusi dan terbukalah pada suami tentang perasaan yang anda rasakan. Dengan bersifat terbuka pada suami, mungkin akan ada pemahaman dari pihak suami serta keluarga lainnya tentang perubahan emosi anda. Kedua, untuk mengalihkan emosi dan rasa marah anda, lakukanlah hal-hal yang membuat anda bahagia. Seperti menjalani hobi atau pergi ke tempat yang anda sukai.
            Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menjalani kehamilan dengan kesehatan prima?. Pertama, Rajin memeriksakan kehamilan ke dokter. Agar anda bisa memantau perjalanan kehamilan dari waktu ke waktu. Dengan rajin memeriksakan kehamilan ke dokter, jika terjadi masalah kehamilan akan mudah mendeteksi dan menanganinya. Sebaiknya cukup satu dokter saja untuk pemeriksaan dari awal kehamilan sampai akhir. Agar terpantau lebih efektif dan mudah.
Kedua, istirahat yang cukup dan makanlah makanan yang sehat. Dengan istirahat yang cukup akan mengurangi rasa kelelahan pada ibu hamil. Ini pelajaran penting sekali saat belajar menjadi ibu bagi wanita yang bekerja diluar. Sedangkan makan makanan yang bergizi akan berpengaruh pada kualitas kesehatan janin yang dikandung. Perlu diingat, dalam sehari ibu hamil perlu tambahan kalori sebanyak 300 kalori untuk janin.Itu setara dengan segelas susu rendah lemak, sepotong roti dan satu buah apel dengan ukuran sedang. Anda tidak perlu makan terlalu banyak pada usia janin di trisemester pertama. Karena bayi masih berbentuk fetus. Anda hanya perlu tambahan makanan saat usia kandungan sudah tua.
            Ketiga, Jaga kesehatan area sekitar kemaluan. Sebisa mungkin menghindari adanya keputihan. Karena keputihan bisa menjalar ke janin yang sedang dikandung. Jika terdeteksi adanya keputihan, sesegera mungkin harus diobati.
            Hindari beberapa makanan berikut saat kehamilan. Agar janin yang anda kandung terhindar dari masalah.
1.      Jangan mengkonsumsi susu yang tidak memalui proses pasteurisasi. Karena, susu yang tidak melalui proses pasteurisasi akan beresiko tinggi terhadap kuman penyakit.
2.      Sebaiknya jangan mengkonsumsi kafein dan teh herbal selama menjalani masa kehamilan. Karena akan mempengaruhi detak jantung bayi. Jika anda memang diharuskan mengkonsumsi teh herbal, sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter.
3.      Makanan laut yang mengandung lemak omega 3, zat besi dan protein. Namun perhatikan darimana asalnya dan cara mengolahnya. Hindari mengkonsumsi sea food karena dikhawatirkan mengandung logam merkuri yang berbahaya. Sekali lagi, jika anda ingin menkonsumsinya, sebaiknya  anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.
4.      Perbanyaklah minum air putih. Karena, air putih selain dapat menghindarkan ibu hamil dari keluhan sembelit, juga akan membantu memperlancar peredaran darah yang dapat mempercepat distribusi makanan ke seluruh tubuh. Terutama makanan untuk janin diperut.
Demikian beberapa tips untuk belajar menjadi ibusaat menjalani proses kehamilan. Semoga bermanfaat.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

IBX5999A9550F6D1