Teknik atau Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Teknik atau Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Kegiatan menghafal memang sudah tidak asing lagi, khususnya bagi anda seorang pelajar, penting untuk mengetahui cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa. Sebenarnya pada bagian otak kita itu memiliki sistem sensorik yang berbeda, otak mampu menyimpan data berupa gambar yang tersimpan disatu bagian, dan menyimpan data berupa suara dibagian lain.
Sebenarnya semakin banyak indera yang kita gunakan maka semakin banyak pula informasi yang akan kita simpan pada otak. Pada artikel ini akan dibahas mengenai hal-hal yang bisa anda jadikan sebagai cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa sebagai alternative anda.
Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa
Di bawah ini adalah teknik atau cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa yang dapat anda lakukan untuk mengingat berbagai informasi yang telah kita dapat, di antaranya:
1. Gunakan indra yang anda miliki
Semakin banyak indera yang anda gunakan saat anda mengalami suatu peristiwa maka semakin anda  mudah mengingatnya nanti. Gunakan pendengaran dan lisan saat anda membaca yaitu dengan cukup jelas agar terdengar oleh telinga anda sendiri.
2. Catat ! bukan di ketik
Anda buatlah pertanyaan dari setiap hafalan anda lalu anda tuliskan kembali jawaban yang diingat oleh anda atau catatlah informasi yang ingin anda ingat. Kegiatan ini berguna untuk menguji seberapa bagusnya ingatan yang anda miliki.
3. Gunakan gambar untuk mengingat
Suatu cara untuk mengingat sesuatu seperti mengingat nama orang lain itu adalah dengan menggambarkan wajah mereka. Jadi anda harus kreatif menggambarkan sesuatu hal yang anda hafal bisa dengan member symbol atau lainnya.
4. Olah raga
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan berolah raga seperti jogging akan dapat meningkatkan daya ingat yaitu dengan memicu neuron baru di otak anda.
5. Ulangi kembali hafalan/ materi yang ingin anda hafal
Ulangilah setiap bacaan yang anda hafal, baca kembali materi dengan suara jelas dan  keras, tetapi jangan sampai mengagu orang sekitar anda. Untuk menguji seberapa kuat ingatan anda  maka jika materi yang satu telah dikuasai maka lanjutkan hafalan anda ulangi kembali dan seterusnya.
Jangan memaksakan, hapalkanlah hafalan dengan sedikit demi sedikit sampai anda menguasainya 100 %.

6. Gunakan waktu istirahat
Jika diibaratkan dengan computer, maka perlu di refresh dulu dengan memanfaatkan waktu istirahat anda terus anda restart kembali. Setelah otak anda refresh cobalah anda ulangi dan tambah hafalan anda agar tidak menumpuk di otak anda.

         Demikianlah cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda yang melakukannya, carilah informasi lain untuk menambah pengetahuan anda, Semoga Bermanfaat 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

IBX5999A9550F6D1