Bagaimana Cara Menyusun Makalah yang Baik dan Benar

Bagaimana Cara Menyusun Makalah yang Baik dan Benar

Pastinya banyak artikel yang membahas mengenai cara membuat makalah yang baik dan benar, tetapi mudah-mudahan artikel yang sedang anda baca ini dapat memberikan manfaat sehingga membantu anda mempermudah dalam menyusun setiap makalah yang anda buat secara baik dan benar.
Dalam menyusun makalah, anda dapat berpedoman pada struktur kerangka makalah,  hanya saja kerangka makalah biasanya  berbeda dari setiap instansi yang satu dengan yang lainnya. Namun artikel ini akan membahas mengenai susunan kerangka makalah secara umumnya sehingga cara membuat makalah yang baik dan benar akan mudah anda praktekan.
Bagaimana Cara Menyusun Makalah yang Baik dan Benar
Saat anda ingin membuat sebuah makalah, sudah seharusnya anda  berpedoman pada format,  kerangka ataupun susunan makalah yang baik dan benar secara sistematis. Inilah cara membuat makalah yang baik dan benar terdiri dari:
1. Cover
2. Kata Pengantar
3. Daftar Isi
4. Bab I Pendahuluan
5. Bab II Pembahasan
6. Bab III Penutup
7. Daftar Pustaka

Cover
Dalam membuat cover atau jilid pada makalah, biasanya di isi dengan beberapa keterangan meliputi:
– Judul makalah
– Tujuan dari pembuatan makalah
– Nama dosen/ guru
– Logo sekolah
– Nama penyusun (siswa/siswi, kelompok) disertai no. siswa/ absen
– Nama sekolah
– Tahun akademik

Kata Pengantar
            Kata pengantar ini merupakan mukadimah atau kata pembuka yang misalnya ucapan puji syukur atau bla…bla… dan cantumkan juga sekilas judul makalah
Penutup mukadimah – Contohnya penulis menyadari bahwa makalah yang dibuat belum sempurna, oleh karenanya kritik dan saran dari pembaca sangat kami butuhkan untuk menyempurnakan makalah ini. Dan cantumkan juga tanggal serta nama penulis.
Daftar Isi
         Daftar isi pada makalah terdiri dari susunan seluruh isi pada makalah, judul disertai dengan nomor halaman  yang telah disusun rapi secara berurutan. Daftar isi bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam mencari materi yang ada pada makalah.
Bab I Pendahuluan
Dalam pendahuluan makalah, anda harus menuliskan sesuai dengan kerangka makalah yang terdiri dari:
– Latar belakang masalah
– Rumusan masalah
– Tujuan pembuatan makalah
– Manfaat pembuatan makalah
Bab II Pembahasan
         Pembahasan makalah adalah isi dari sebuah makalah, dalam bab ini semua materi yang kita buat dari hasil penelitian atau lainnya ditulis secara rinci guna menjawab poin-poin penting yang telah dirumuskan pada rumusan masalah yang ada di Bab I makalah.
Bab III Penutup
Pada penutup makalah biasanya terdiri dari:
– Kesimpulan (hal yang menjadi pemecah masalah)
– Saran (memberikan saran tentang suatu hal yang berhubungan dengan isi makalah)
Daftar Pustaka
Dalam daftar pustaka anda isi dengan sumber informasi yang digunakan oleh anda untuk dijadikan referensi dalam penulisan sebuah makalah.

Demikianlah pembahasan mengenai susunan makalah yang mudah-mudahan bisa membantu anda yang sedang ditugaskan untuk membuat makalah, sekian artikel cara membuat makalah yang baik dan benar, Semoga Bermanfaat 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

IBX5999A9550F6D1