Tips Berselancar Di Dunia Maya Dengan Aman

Tips Berselancar Di Dunia Maya Dengan Aman
            Dunia internat memang dunia tanpa batas yang kita bisa membuka, melihat, berselancar maupun memposting apapun. Kebebasan inilah yang menyajikan berbagai kemudahan yang tidak bisa kita dapatkan di dunia nyata. Kita bisa mengakses data dari belahan dunia manapun. Kita juga bisa berkenalan dan berbicara pada siapapun dengan bahasa yang berbeda dari negara lain. Namun sayangnya, kebebasan yang kita dapatkan terkadang harus ditebus dengan efek negatif jika kita tidak berhati-hati dalam menggunakan internet.
            Berikut ini ada beberapa tips berselancar di dunia maya dengan amanyang bisa kita terapkan agar aktivitas kita di dunia internet tidak bebas lepas tanpa batas hingga berdampak negatif.
1.      Tetap Gunakan Antivirus
            Sekali lagi, internet adalah dunia bebas tanpa batas. Siapapun bisa masuk. Termasuk juga orang-orang jahil yang suka memasukkan virus pada sebuah situs-situs tertentu. Gunakan antivirus profesional yang telah berlisensi. Hal ini akan menghidarkan masuknya virus dari internet ke PC. Jangan lupa untuk terus mengupdate antivirus demi menghindari virus-virus baru yang cepat beredar.
2.      Gunakan Private Windows
            Gunanya adalah untuk menghilangkan jejak. Setiap kita membuka halaman-halam situs, pasti akan ada cookis (file yang masuk di komputer saat kita membuka sebuah halaman situs) dan history (daftar kegiatan kita di internet yang sengaja di simpan oleh browser).
            Jejak kita di internet bisa dimanfaatkan oleh hacker dengan cara mencuri user nama atau pasword yang kita gunakan saat menjalani kegiatan berselancar di dunia internet. Oleh sebab itu, gunakan private windows atau selalu hapus jejak kita di internet setelah kita menggunakan internet.
3.      Rajin Mengganti Pasword
            Tips berselancar di dunia maya dengan amanlainnya adalah dengan cara rajin mengganti pasword. Ini penting sekali untuk menjaga keamanan kegiatan berselancar di internet. Karena, secanggih apapun hacker, jika kita sering mengganti pasword, maka akan sulit bagi hacker untuk membobol keamanan internet kita.
4.      Buat Pasword Yang Rumit
            Selain rumit, juga sulit untuk ditebak. Hindari membuat pasword dengan nama, tanggal lahir, nama binatang ataupun dari nama apapun. Buatlah kombinasi pasword dengan huruf besar dan kecil. Selain itu, dapat juga dengan menggunakan karakter-karakter unik. Seperti tanda %, &, #, @, dan tanda unik lainnya. Ini adalah salah satu cara paling aman agar keamanan internet kita tida mudah dibobol user lain.
5.      Gunakan Browser Yang Lebih Mumpuni
            Memang tidak ada salahnya kita menggunakan browser bawaan window seperti internet explorer. Tapi akan jauh lebih baik jika kita menggunakan browser laternatif yang terbukti lebih profesional. Seperti Mozilla Firefox, google chrome, opera, ataupun yang lainnya. Browser-browser alternatif tersebut terbukti mampu menyediakan proteksi terhadap hacker yang lebih baik daripada browser bawaan dari windows.
6.      Selalu Gunakan Internet Sehat
            Salah satunya dengan menghindari internet yang berbau pornografi, berbau kekerasan, ajakan terhadap pemakaian narkoba, konten yang berhubungan dengan perjudian, terorisme, dan situs-situs negatif lainnya. Karena, hal tersebut tidak hanya akan membahayakan diri kita namun juga bisa berdampak pada orang lain.
            Jadikan internet sebagai salah satu sarana edukasi yang mendidik. Sehingga kita bisa belajar lebih cepat melalui internet. Mengetahui hal lebih banyak lewat internet. Dan bisa membelah dunia manapun dari dalam kamar hanya dengan menggunakan internet. Itulah beberapa tips berselancar di dunia maya dengan aman.
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

IBX5999A9550F6D1