Tips Cara Mengatur Jadwal Waktu Belajar

Tips Cara Mengatur Jadwal Waktu Belajar
            Masih pusing dengan prestasi sekolah hanya gara-gara tidak mengerti bagaimana cara mengatur waktu belajar? Mungkin banyak diantara kalian yang mengelukan karena sulit untuk mengatur waktu belajar. Dari pagi hingga siang di sekolah. Pulang sekolah langsung mengikuti berbagai kegiatab ekstra kulikuler. Kadang juga masih diwajibkan ortu buat ikut les ini, les itu, bimbingan belajar di sana, bimbingan belajar di situ yang ujung-ujungnya bukan mendongkrak prestasi namun justru mnurunkan prestasi karena kamu terlalu capek.
            Terus, bagaimana cara mengatur waktu belajar yang efektif dan efisien? Baiklah. Spesial tips buat kalian yang memang ingin serius belajar.
Mengatur Waktu BelajarDengan Mengetahui Kemampuan Fisik
            Mungkin diantara kalian ada yang diwajibkan oleh ortu buat ngikutin berbagai tambahan jam belajar diluar sekolah. Maksudnya memang baik. Agar kualitas pelajaran kalian tidak kalah dengan teman-teman lainnya. Namun sayangnya, tidak semua anak bisa diforsir sedemikian rupa. Ada diantara mereka yang lebih menyukai beljar sendiri di rumah. Terutama bagi mereka yang cenderung kutu buku atau belajar dengan sistem kinestetik.
            Jika kalian termasuk salah satunya, cobalah untuk bicara baik-baik pada orang tua. Jelaskan pada mereka tak perlu memberi les tambahan selepas waktu sekolah. Karena justru itu akan mengurangi kualitas waktu belajarmu.
Mengatur Waktu Belajar Dengan Menentukan Skala Prioritas
            Apa itu skala prioritas? Skala prioritas adalah mendahulukan belajar yang penting dulu. Bukan berarti ada pelajaran yang tidak penting. Semua pelajaran di sekolah adalah penting. Namun, memang ada beberapa pelajaran yang harus didahulukan karena mungkin ujiannya terlebih dahulu.
Mengatur Waktu Belajar Dengan Mengatur Daily Activity
          Segala aktivitas yang kita jalani dari bangun tidur hingga tidur lagi sangat mempengaruhi kualitas belajar kita. Karena, jika kita tidak bisa mengatur waktu, maka jelas sekali akan berdampak pada nilai prestasi kita di sekolah. Kamu bisa atur sndiri waktunya. Misalnya, dari 24 jam sehari, kamu akan mengambil waktu berapa jam untuk belajar di luar jam sekolah. Dalam artian belajar di rumah. Misalnya kamu butuh waktu 3 jam untuk belajar di rumah. Maka kamu harus mendisiplinkan diri untuk belajar selama 3 jam.
            Dari 3 jam waktu yang kamu rencanakan itu, tidak harus monoton selama 3 jam non stop. Misalnya, kamu baru belajar 2 jam malam hari ternyata kamu udah ngantuk. Maka kamu wajib mengganti satu jam waktu belajar itu pada pagi hari. Kapan? Misalnya kamu bangun satu jam lebih awal dari biasanya untuk belajar.
Mengatur Waktu Belajar Dengan Tetap Menjalani Hobi
          Apa hubungannya? Oh, ada. Bagi sebagian anak, melakukan hobi tidak hanya akan menghasilkan sebuah karya yang spektakuler. Namun justru akan membuat otak menjadi segar. Melakukan hobi di sela-sela waktu belajar justru akan meningkatkan kualitas belajar kamu. Kamu akan merasa semangat karena tidak merasa jenuh dalam belajar.
            Bolehkah menonton TV? Tidak ada yang melarang. Hanya saja kamu harus pandai-pandai mengatur waktu. Tontonlah acara yang menambah nilai belajarmu. Tontonan edukasi yang mendidik. Bukan tontonan yang justru akan melenakanmu dan melupakan waktu belajarmu. Sebaiknya, jangan meletakkan TV di dalam kamarmu. Karena itu jelas akan mengganggu waktu belajar. Jauhkan TV dari tempat belajar. Agar kamu bisa kondusif dalam belajar. Itulah beberapa tips cara mengatur waktu belajaryang efektif dan efisien.
           
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

IBX5999A9550F6D1