Menjadi Siswa Unggul Dengan Mentoring

Menjadi Siswa Unggul Dengan Mentoring
            Pada artikel mengenai dunia pelajar kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana menjadi siswa unggul dengan mentoring. Mentoring atau yang sering disebut dengan asistensi pelajaran agama islam adalah sebuah agenda kajian yang sering diadakan oleh para angogota kerohanian islam di sekolah. Kajian yang dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil dimana kegiatannya adalah kajian mengenai pengetahuan tentang agama islam.
            Menjadi siswa ungggul dengan mentoring adalah salah satu program yang dilaksanakan untuk memberikan  pengetahuan lebih tentang agama islam. Dalam seminggu, pelajaran agama islam hanya diberikan sekitar dua jam di kelas. Oleh sebab itu, banyak yang mengatakan bahwa pendidikan agam sangat kurang diberikan pada sekolah yang basicnya bukan agama.
Bagaimana Konsep Program Siswa Ungggul Dengan Mentoring
            Konsepnya sangat sederhana. Ada sekolah yang mengadakan mentoring hanya sebatas salah satu program kerja pada organisasi kerohanian islam di sekolah. Jadi, sifatnya tidak wajib bagi semua siswa yang beragama islam. Sekalipun ada siswa yang beragama islam namun dia tidak masuk dalam organisasi kerohanian sekolah, dia tidakwajib mengikuti kegiatan mentoring di sekolah.
            Tapi ada juga sebagian sekolah yang menjadikan mentoring adalah program yang wajib diikuti oleh setiap siswa yang beragama islam. Baik yang menjadi anggota kerohanian islam atau tidak. Inilah yang disebut dengan asistensi pelajaran agama islam. Nilai dari mentoring ini akan masuk menjadi poin dalam nilai pelajaran agama islam di raport.
            Mentoring dilaksanakan setiap seminggu sekali. Dari sekian murid, dibagi menjadi beberapa kelompok setelah sebelumnya dibedakan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Setiap kelompok tidak lebih dari 10 orang saja. Dan setiapkelompok diampu oleh kakak kelas yang menjadi anggota kerohanian islam dan dipercaya kemampuannya menjadi guru tambahan untuk bidang agama islam.
            Apa saja yang dipelajari dalam acara mentoring? Banyak hal. Materi biasanya telah disepakati oleh guru dan siswa pengampu. Sebelumnya mereka akan mendiskusikan tentang kesepakatan materi yang akan disampaikan. Antara siswa pengampu dan guru mata pelajaran agama akan sering bertemu untuk melaporkan tentang progres yang telah dicapai para siswa pengampu. Dan di akahir semester, nilai dari masing-masing pertemuan akan diserahkan pada guru agama untuk diolah bersama nilai agama islam di kelas.
Apa Keuntungan Program Siswa Ungggul Dengan Mentoring
          Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari mengikuti kegiatan mentoring. Salah satunya adalah kita akan mendapat tambahan ilmu agama diluar jam mata pelajaran agama islam. Dengan adanya mentoring, pengetahuan siswa tentang agama islam akan lebih bertambah. Selain itu, program mentoring akan lebih mendekatkan antara adek kelas sebagai pihak yang dimentori dengan kakak kelas yang berperan sebagai pementor. Pertalian mereka akan lebih akrab sehingga akan memberi dampak positif dalam hal silaturahim.
            Manfaat lain yang bisa didapat adalah, kita bisa mengisi kekosongan waktu dengan hal yang lebih bermanfaat. Karena, dalam mentoring kita tidak hanya belajar agama islam saja. Menurut pengalaman saya, sesekali waktu kita akan rihlah atau liburan bersama untuk mempererat tali silaturahim. Bahkan setelah program mentoring selesai, kita akan rindu untuk kembali bertemu dengan teman sekelompok mentoring.
            Itulah beberapa hal mengenai program mentoring yang sering diadakan oleh beberapa sekolah. Jika di sekolahmu ada, jangan ragu untuk ikut bersama dalam agenda mentoring mingguan. Karena kita bisa menjadi siswa unggul dengan mentoring.
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

IBX5999A9550F6D1