Menjadi Ibu Untuk Anak Cacat

Menjadi Ibu Untuk Anak Cacat


            Menjadiibu untuk anak cacat memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk merawatnya. Memang sulit. Tapi bukan berarti tidak bisa. Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menangani anak cacat atau anak luar biasa, ada baiknya kita pahami dahulu. Apa devinisi dari anak cacat tersebut.
            Anak cacat atau anak luar biasa adalah anak dengan kelainan atau gangguan fisik, emosi, mental dan prilaku sehingga mengalamikesulitan dalam menjalankan fungsi sosialnya di lingkungan sekitar. Sehingga mereka perlu perhatian dan pendidikan serta perawatan kesehatan khusus untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.
            Ada 2 macam gangguan yang dialami oleh anak luar biasa. Yaitu gangguan fisik atau lebih dikenal dengan cacat fisik dan gangguan mental atau lebih dikenal dengan cacat mental. Contoh cacat fisik misalnya tuna rungu, tuna wicara, tuna netra, tuna daksa kelumpuhan akibat polio, dan keterbatasan fisik lainnya. Sedangkan cacat mental contohnya seperti gangguan spektrum autis, penderita diskalkulia (kesulitan berhitung), penderita disleksia (kesulitan membaca) penderita disphasia (kesulitan berbahasa) dan penderita disgraphia (kesulitan menulis)
            Masalah selanjutnya adalah bagaimana kalau kelak atau bahkan sekarang anda diharuskan menjadi ibu untuk anak cacat atau salah satu anak anda ada yang menderita cacat baik cacat fisik maupun cacat mental?
1.      Tetaplah Bersyukur Atas Kehadiran Mereka
Tidak perlu malu. Apapun keadaan anak anda, dia tetaplah anugrah tuhan yang dititipkan kepada anda. Itulah salah satu tanda sukur yang bisa anda lakukan. Sayangi mereka dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
2.      Sabar Adalah Makanan Pokok Untuk Anda
Jika bukan anda yang sabar, terus siapa lagi?. Ibu adalah teman terbaik dan terdekat bagi mereka. Terus tambahkan stok kesabaran anda. Sekalipun terkadang mereka cukup merepotkan, yakinlah bahwa tuhan memberikan banyak pahala atas kesabaran anda.
3.      Sering-seringlah Berkonsultasi Ke Dokter
Dengan anda sering berkonsultasi ke dokter, akan akan lebih mudah mengontrol tumbuh kembangnya. Anda akan dapat informasi serta saran dari dokter spesialis mengenai anak anda.
4.      Berikan Pendidikan Yang Sesuai
Jika memang anda memerlukan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, lebih baik anda memasukkan anak anda ke sekolah luar biasa. Dengan memasukkan anak anda ke sekolah luar biasa, penanganan terhadap kekurangannya akan jadi lebih optimal. Termasuk juga jika anak anda mempunyai kelebihan, pihak sekolah akan membantu mengoptimalkannya
5.      Jangan Pernah Menganggap Mereka Berbeda
Maksudnya, jangan pernah membedakan anak cacat anda dengan anak yang lain dimana hidup mereka normal-normal saja. Yakinlah, dibalik kekurangannya, seorang anak cacat memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh anak normal yang lain. Pupuklah terus rasa percaya dirinya. Agar kelak, dia bisa menjadi manusia yang berguna meski dengan segala keterbatasannya.
6.      Ajarkan Kemandirian Pada Mereka
Tidak selamanya anda akan selalu berada di samping mereka. Suatu saat, pasti ada perpisahan saat (maaf) anda dipanggil oleh tuhan. Ajarkan kemandirian pada mereka agar mereka tidak menjadi beban hidup bagi orang lain. Yakinlah, bahwa tuhan akan selalu bertanggung jawab dengan apa yang telah Diaciptakan.
      Itu seputar anak cacat dan cara menyikapinya bagi anda yang menjadi ibu untuk anak cacat. Sekali lagi, setiap anak pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Termasuk anak cacat anda. Tetap cintai mereka dengan penuh kasih sayang. Karena cinta ibu adalah kekuatan bagi mereka.


Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

IBX5999A9550F6D1