Menjadi Ibu Bagi Si Kembar

Menjadi Ibu Bagi Si Kembar



            Menjadi ibu adalah anugrah terindah bagi setiap wanita. Namun bagaimana jika karunia itu berupa sepasang bayi kembar?. Rasanya pasti campur aduk. Antara senang, kaget, sekaligus belum siap. Senang karena tidak semua wanita diberi kesempatan mempunyai anak kembar, Kaget karena benar-benar tidak menyangka bahwa hasil USG ternyata ada calon bayi kembar diperut. Dan belum siap karena memang tidak menyangka sebelumnya. Meski tidak banyak, Kehamilan kembar memang bukanlah hal yang langka di masayarakat. Dan menjadi ibu bagi si kembar adalah anugrah yang tidak dimiliki oleh setiap wanita. Maka bersyukurlah.
            Jika memang sekarang anda sedang menantikan kelahiran sepasang anak kembar, ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu anda untuk mempersiapkannya.
1.      Tetap Bersyukur Walau Dengan Kerepotan Yang lebih Banyak
Bisakah bunda membayangkan?. Kehadiran satu bayi saja sungguh sangat merepotkan. Kerepotan karena sering begadang semalaman untuk menyusui ataupun kerepotan karena biaya perawatan yang tidak sedikit. Tak perlu hawatir. Karena tuhan akan selalu bertanggung jawab dengan apa yang Dia ciptakan. Termasuk calon bayi kembar yang sedang anda kandung.
2.      Tak Perlu Takut Repot
Semua orang setuju. Bahwa wanita tercipta menjadi multitasking person. Bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Termasuk bunda. Menjadi ibu bagi si kembar Pasti bisa mengurus kedua buah hati kembar anda dengan sebaik mungkin
3.      Siapkan Management Menyusui Yang Baik
Memberikan ASI eksklusif bagi buah hati adalah keinginan setiap ibu. Karena ASI eksklusif sangat penting bagi tumbuh kembang bayi selama dua setengah tahun. Nah, bagaimana cara mengatur agar kedua bayi memperoleh ASI yang optimal?
            Satu hal yang perlu diingat bahwa meskipun bayi kembar, bukan berarti keperluan ASI nya juga sama. Antara yang satu dengan yang lain tidaklah sama. Ada yang meyusunya lama dan habis banyak, ada juga yang sebentar dan habis sedikit.
            Jangan pernah takut kehabisan ASI. Karena isapan bayi akan menstimulus tubuh untuk memproduksi ASI. Jadi, semakin banyak bayi menyusu, maka semakin banyak pula ASI di produksi. Intinya, tetap berikan ASI eksklusif tanpa takut kehabisan ASI.
            Baca Juga Jika Harus Menjadi Ibu Kedua
4.      Jangan Panik Saat Bayi Nangis Bersamaan
Bersikaplah sabar. Belajarlah memahami cara bayi menangis. Apakah sedang lapar, tidak nyaman, atau sedang buang air. Jika keduanya menangis karena sama-sama lapar, susui bayi dengan cara tandem nursing. Menyusui bersamaan dengan satu bayi di posisi payudara sebelah kanan dan satu bayi pada posisi sebelah kiri.
5.      Carilah Cara Cerdas Untuk Membedakannya
Ketika masih bayi, terkadang bunda masih belum bisa membedakan mana si A dan mana si B. Cari cara cerdas untuk membedakan.Contohnya, bedakan warna kaos kaki bayi. Misalnya si A selalu memakai kaos kaki warna biru.Sedangkan si A selalu memakai kaos kaki warna merah. Hal ini akan membantu bunda untuk mengingat-ingat dalam hal menyusui. Jangan sampai gara-gara tidak bisa membedakan si A sampai kekenyangan karena menyusu terus. Dan si B masih lapar gara-gara belum juga disusui.
6.      Ketika Si Kembar Telah Agak Besar
Meskipun kembar, bukan berarti selera mereka selalu sama. Bunda harus pintar-pintar memahami selera mereka masing-masing. Biarkan mereka memilih keinginannya sendiri pada hal-hal yang bersifat sederhana.Misalnya dalam hal berpakaian. Agar si kembar tetap dapat tumbuh dengan karakter yang berbeda dan cenderung tidak dipaksakan.
Itulah beberapa tips Menjadi ibu bagi si kembar. Semoga bermanfaa.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

IBX5999A9550F6D1